Home → Khasiat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh

sejumlah manfaat dari pohon belimbing baik buah, daun, dan akar sebagai tanaman obat

Khasiat Buah Belimbing Untuk Kesehatan :: Belimbing merupakan salah satu tanaman  yang cukup terkenal. Banyaknya khasiat yang dimiliki oleh tanaman ini terutama bagian buahnya, menjadikan buah belimbing ini banyak dikonsumsi oleh sebagian masyarakat dunia.

Tanaman Belimbing banyak ditemukan di daerah-daerah yang beriklim tropis. Pohon belimbing tersebar mulai dari daerah Malaysia, Indonesia, India, dan Srilangka. Pohon ini juga bisa tumbuh di daerah subtropis, seperti di wilayah amerika serikat tepatnya di wilayah florida selatan dan Hawaii dimana pohon belimbing sudah diusahakan secara komersil.

Di Indonesia, Daerah yang terkenal sebagai penghasil buah belimbing adalah wilayah demak – Jawa tengah. Buah belimbing yang dihasilkan dari daerah ini terkenal karena memiliki ukuran buah yang besar, warna yang menarik ( kuning cerah ) dan tentunya memiliki rasa buah yang manis.

Klasifikasi Pohon Belimbing

Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Magnoliopsida
Ordo:
Oxalidales
Famili:
Oxalidaceae
Genus:
Averrhoa
Spesies:
A. carambola
Nama Binomial
Averrhoa carambola

Gambaran Umum Pohon Belimbing
Pohon belimbing bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 5 meter ini umumnya memiliki banyak cabang, Daun majemuk dimana panjang daun bisa mencapai 50 cm, warna bunga merah mudah dan biasanya tumbuh pada ujung dahan. Dalam pertumbuhannya, belimbing tidak memerlukan sinar matahari yang banyak.

Gambaran Umum Buah Belimbing
Beberapa manfaat buah belimbing untuk tubuh terutama untuk mengobati penyakit
Bentuk buah bulat panjang dengan rusuk tajam yang berjumlah lima, memiliki warna hijau dan akan berubah menjadi kuning kehijauan ketika buah sudah masak. Buah belimbing dikenal di masyarakat eropa dengan nama star fruit karena bila buah dipotong secara horizontal akan tampak seperti bintang.
Buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi ini memiliki biji yang kecil dan warna biji coklat, tekstur buah renyah, buah yang sudah matang memiliki rasa yang manis sedikit asam.
Zat –Zat yang terkandung dalam buah belimbing

Nilai kandungan gizi buah belimbing / 100 g (3.5 oz
Energi
128 kJ (31 kcal)
Karbohidrat
6.73 g
Gula
3.98 g
Diet serat
2.8 g
Lemak
33 g
Protein
1.04 g
Asam pantotenat (B5)
0.39 mg (8%)
Folat (Vit. B9)
12 mg (3 %)
Vitamin C
34.4 mg (57%)
Fosfor
12 mg (2%)
Kalium
133 mg (3%)
Seng
12 mg(1%)
Sumber USDA Nutrient database

Khasiat buah belimbing sebagai obat

Dibeberapa Negara, sari dari buah ini dimanfaatkan untuk dijadikan wine buah, selain itu di Negara Myanmar, belimbing digunakan untuk membuat acar teh.

Untuk Kesehatan, Buah belimbing ternyata memiliki beberapa khasiat yang baik untuk tubuh antara lain dapat digunakan untuk mengatasi batuk yang menyerang anak-anak, Kandungan vitamin C yang banyak terkandung dalam buah bermanfaat sebagai antiinflasi, analgesic, dan diuretic, sehingga bagus untuk mengobati penyakit batuk, sariawan, dan sakit pada tenggorokan, Khasiat buah belimbing lainnya yaitu untuk mengobati demam hingga kencing manis. Buah ini juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit kanker.

Kandungan serat yang terkandung dalam buah, bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Pektin yang terdapat dalam buah juga bisa membantu menghancurkan kolesterol sehingga baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet.

Selain bagian buah yang memiliki banyak khasiat, Bagian lain dari pohon belimbing seperti daun dan akar belimbing juga bisa kita manfaatkan sebagai obat. Daun belimbing memiliki khasiat  sebagai obat sakit maag, mengobati susah buang air kecil, dan juga mengobati penyakit bisul. Sedangkan akar belimbing bisa digunakan untuk menyembuhkan rematik.

Dibalik khasiat yang tersimpan dalam buah belimbing, ternyata buah ini memiliki efek yang kurang baik bila dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah pada ginjalnya, Karena buah belimbing mengandung asam oxalat. Selain itu, karena kandungan gula yang terdapat dalam buah belimbing cukup tinggi, disarankan para penderita diabetes untuk tidak menkonsumsi buah ini


Sumber : id.wikipedia.org , khasiatbuah.com, eemo-esprit.blogspot.com
artikel selanjutnya : manfaat kunyit dan  Manfaat belimbing wuluh untuk anda ketahui
Tag »