Home → Kandungan Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Anda

Kandungan Dan Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Anda

Umbi bawang merah memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh

Kandungan dan manfaat bawang merah :: Bawang merah adalah salah satu tanaman yang  cukup terkenal. Peranannya sebagai salah satu rempah dapur, menjadikan tanaman ini memiliki peranan yang cukup penting dalam dunia kuliner.

Tanaman bawang merah ( Allium cepa.L ) merupakan sejenis tanaman semusim. tanaman ini diduga berasal dari asia tengah yaitu sekitar India. Bawang merah adalah salah satu rempah multiguna, Selain sebagai bumbu rempah, tanaman ini juga ternyata bisa difungsikan sebagai salah satu obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Sudah sejak lama, tanaman ini digunakan untuk menyembuhkan nyeri perut dan penyembuhan luka atau infeksi.

Deskripsi Umum
Bawang merah memiliki bunga majemuk berbentuk tandan yang bertangkai dengan 50-200 kuntum bunga. Pada setiap ujung dan pangkal tangkai mengecil dan pada bagian tengahnya mengembung, Bentuknya seperti pipa yang memiliki lubang dibagian dalamnya. Tangkai tandan bunga ini sangat panjang, lebih tinggi dari daunnya sendiri, ketinggiannya bisa mencapai 30-50 cm. Bunga bawang merah tergolong bunga sempurna karena dalam setiap bunga terdapat benang sari dan kepala putik. Bakal buah sebenarnya terbentuk dari 3 daun buah yang disebut carpel, yang membentuk tiga buah ruang dimana dalam tiap ruang tersebut terdapat 2 calon biji. Buah bawang merah memiliki bentuk bulat dengan ujung tumpul. Bentuk biji agak pipih, Bagian ini dapat digunakan sebagai bahan perbanyakan tanaman secara generatif.

Pohon bawang merah yang memiliki manfaat
Bawang merah mengandung beberapa senyawa yang penting bagi tubuh antara lain vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi, tanaman ini juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Kegunaan bawang merah lainnya yaitu sebagai obat tradisional. Bawang merah digolongkan sebagai tanaman obat karena mengandung efek antiesptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin akan diubah menjadi asam piruvat, ammonia, dan alliisin sebagai anti mikroba yang bersifat bakterisida. Adapun enzim yang berperan dalam merubah senyawa alliin adalah enzim alliinase.

Klasifikasi Bawang Merah

Bawang merah
Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan:
Plantae
Divisi:
Magnoliophyta
Kelas:
Liliopsida
Ordo:
Asparagales
Famili:
Amaryllidaceae
Genus:
Allium
Spesies:
A.cepa
Nama binomial
Allium cepa



Dibawah ini adalah kandungan gizi yang terdapat dalam bawang merah :

Nilai Gizi Per 100 G ( 3.5 Oz)
Energi
166kJ (40 kcal)
Karbohidrat
9.34 g
Gula
4.24 g
Diet serat
1.7 g
Lemak
0.1 g
Jenuh
0.042 g
Monounsaturated
0.013 g
Polyunsaturated
0.017 g
Protein
1.1 g
Air
89.11 g
Vitamin A equiv
0 mg (0 %)
Thiamine ( Vitamin B1)
0.046 mg (4%)
Riboflavin (vitamin B2)
0.027 mg (2%)
Niacin (Vitamin B3)
0.116 mg (1%)
Vitamin B6
0.12 mg (9%)
Folat (Vitamin B9)
19 mg (5%)
Vitamin B12
0 mg (0%)
Vitamin C
7.4 mg (12%)
Vitamin E 
0.02 mg
Vitamin K
0.4 mg
Kalsium
23 mg
Besi
0.21 mg
Magnesium
0.129 mg
Fosfor
29 mg
Kalium
146 mg
Sodium
4 mg
Seng
0.17 mg
Sumber: USDA Nutrient database

Beberapa manfaat bawang merah

 khasiat bawang merah bagi tubuh antara lain :                   
  1. Bawang merah memiliki sifat minyak yang mudah menguap.minyak ini terkandung dalam air bawang merah.Fungsi dari zat ini yaitu untuk membunuh sebagian besar mikroba staphylococci,termasuk mikroba streptococci yang dapat menyebabkan penyakit radang pada torak dan kerongkongan.
  2. Dengan mengirup aroma bawang merah atau memakannya dapat menyebabkan minyak yang mudah menguap yang mengandung sulfat masuk kedalam darah, fungsinya untuk membunuh mikroba yang bisa menyebabkan penyakit
  3. Bawang merah dapat membunuh mikroba diphtreria, amuba disentri, dan mikroba TBC dalam waktu singkat.
  4. Dapat mengaktifkan gerakan lambung
  5. Mengunyah bawang merah selama beberapa menit dapat membantu membersihkan mulut dari mikroba termasuk mikroba diphtheria.
  6. Bawang merah dapat meminimalisir terjadinya pembekuan darah dengan cara mengkonsumsi bagian umbi yang masih mentah maupun yang sudah masak dengan mencampurnya dengan keju.
  7. Dengan meletakkan bawang merah sebagai kompres dibagian tertentu di tubuh,bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit.Cara membuat kompresan ini yaitu dengan memotong-motong bawang merah menjadi beberapa potongan kecil lalu dipanaskan, Proses selanjutnya yaitu dengan meletakkan kompresan tersebut di daerah yang hendak diobati, lalu diikat dengan kain. Lakukan pergantian perban setiap 12 jam.Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan cara ini yaitu antara lain : Untuk menyembuhkan batuk rejan dan radang paru,caranya meletakkan kompresan di bagian dada. Untuk melancarkan buang air kecil, dengan meletakkan kompresan di atas ginjal dan kantong kemih. Untuk menyembuhkan gangguan pada fungsi pengaturan darah, caranya dengan meletakkan kompresan di bagian atas telapak kaki. Untuk mengeluarkan nanah dan darah kotor, Caranya dengan meletakkan kompresan dibagian atas luka.
  8. Untuk mengobati kalu dan mata ikan pada kaki, Caranya dengan membubuhkan bawang merah yang sudah dipotong-potong terlebih dahulu disekitar kalu atau mata ikan yang dilakukan pada sore hingga pagi. Ulangi langkah tersebut hingga kalu atau mata ikan terlepas dari kaki.
  9. Air dari perasan bawang merah bisa digunakan sebagai penghilang rasa sakit pada bagian tubuh yang terluka.
  10. Mengobati pecah-pecah pada puting dan wasir, caranya dengan menghaluskan bawang merah dengan cara ditumbuk,lalu mencampurnya dengan minyak Zaitun.
  11. Fungsi bawang merah lainnya yaitu untuk menghilangkan cacing pada anak-anak. Cara pengobatannya yaitu dengan memberikan air seduhan dari potongan-potongan bawang merah yang disimpan selama satu malam, sebelum diminumkan kepada si anak, tambahkan terlebih dahulu madu kedalam minuman tersebut .Proses pemberian air seduhan ini dilakukan terus hingga cacing- benar-benar keluar seluruhnya. Bawang merah juga bisa menghilangkan cacing dilambung dan mengobati wasir dengan
  12. Mengobati Rasa pusing dan pingsan, caranya dengan menghirup aroma bawang merah tersebut.Bau menusuk dari bawang merah ini dapat merangsang peredaran darah dan fungsi-fungsi syaraf.

Kegunaan Bawang merah lainnya yaitu  bisa menurunkan tingkat gula darah dalam darah,juga untuk menyembuhkan penyakit flu yang anda derita. Selain itu, bila dicampur di makanan pembuka, akan sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh anda,Hal ini dikarenakan kandungan zatnya dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh anda dengan baik. ( timesofindia.com  27.12 )

Demikianlah ulasan singkat mengenai kandungan dan manfaat bawang merah untuk kesehatan anda, semoga bermanfaat.

Sumber artikel : id.wikipedia.org, liputan6.com, aziachmad.wordpress.com, distan.majalengkakab.go.id
artikel selanjutnya dari kami : 
Tag »