Alang-Alang Manfaat Dan Khasiatnya Bagi Kesehatan

manfaat akar dan bunga tanaman akar alang alang
manfaat akar dan bunga alang-alang - Alang-alang yang memiliki nama ilmiah Imperata cylindrica merupakan tanaman yang sering di golongkan sebagai tanaman gulma karena sifatnya yang bisa mengalahkan pertumbuhan tanaman yang memang sengaja ditanam petani diladang ataupun di kebun mereka.
Tapi sebenarnya tanaman ini juga memiliki peran yang cukup penting dalam melindungi lahan-lahan terbuka dari erosi.Kecepatan tumbuh,jalinan rimpang alang-alang di bawah tanah, serta tutupan daunnya yang rapat,dapat memberikan manfaat perlindungan untuk lahan-lahan tersebut.
Manfaat Alang-alang lainnya yaitu dengan memanfaatkan daunnya untuk digunakan sebagai bahan atap rumah dan bangunan lainnya.Selain itu,serat halus dari malai bunganya bisa juga digunakan sebagai pengganti kapuk yang digunakan untuk mengisi alas tidur atau bantal.

Klasifikasi Alang-alang.

Klasifikasi tanaman yang memiliki banyak nama daerah seperti alalang, halalang, lalang, eurih, rih, jih. dan lain lain, adalah sebagai berikut :
Kerajaan:
 Plantae
Divisi:
Magnoliophiyta
Kelas:
Liliopsida
Ordo:
Poales
Famili:
Poaceae
Genus:
Imperata
Spesies:
l.cylindrica
Ciri-ciri umum yang bisa dikenali dari tanaman yang berkembang biak dengan benih dan rimpang  ini antara lain :
  • Rumput menahun dengan tunas panjang dan bersisik, merayap di bawah tanah.
  • Ujung (pucuk) tunas yang muncul di tanah runcing tajam, serupa ranjau duri.
  • Batang padat,pendek, menjulang naik ke atas tanah dan berbunga, sebagian kerapkali (merah) keunguan, kerapkali dengan karangan rambut di bawah buku.
  • Tinggi 0,2 – 1,5 m, di tempat-tempat lain mungkin lebih.
  • Helaian daun berbentuk garis (pita panjang),tegak,lanset berujung runcing, dengan pangkal yang menyempit dan berbentuk talang,
  • Panjang daun 12-80 cm bertepi sangat kasar dan bergerigi tajam, berambut panjang di pangkalnya, dengan tulang daun yang lebar dan pucat di tengahnya.
  • Karangan bunga dalam malai, 6-28 cm panjangnya, dengan anak bulir berambut panjang (putih) lk. 1 cm, sebagai alat melayang bulir buah bila masak.

Manfaat Alang-alang Bagi Kesehatan

Hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap tanaman ini,menyebutkan bahwa dalam alang-alang terutama bagian akar dan bunga terkandung unsur-unsur kimia antara lain : mannitol, glukosa, asam malic, asam sitrat, coixol, arundoin, silindrin, fernerol, simiarenol, anemonin, esin, alkali, saponin, taninin, dan polifenol.
Dengan unsur-unsur yang terkandung dalam tanaman ini, alang-alang bersifat antipiretik (menurunkan panas), diuretik (meluruhkan kemih), hemostatik (menghentikan pendarahan), dan menghilangkan haus.dan membuat adem.
Manfaat Akar dan Bunga Alang –alang sebagai salah satu tanaman obat antara lain bisa mengobati beberapa jenis penyakit antara lain :
  1. Pembengkakan karena radang ginjal akut.
  2. Infeksi saluran kencing  ( Air kemih mengeluarkan darah).
  3. Pembengkakan karena terbentur (memar).
  4. Pendaharan akibat panasnya darah seperti mimisan.muntah darah, batuk darah dll.
  5. Pendarahan pada wanita.
  6. Buang air kecil tidak lancar atau terus-menerus.
  7. Demam disertai haus.
  8. Urat saraf melemah.
  9. Radang paru-paru.
  10. Keputihan
  11. Jantung koroner, gangguan pencernaan.
  12. Diare.
  13. Batuk, Flu.
  14. Sesak napas / asma
  15. Tekanan darah tinggi
  16. Gonorea (kencing nanah)
  17. Sakit kuning.
  18. Mengobati mimisan dan batuk darah akibat penyakit paru paru.
  19. dll
jangan lupa baca artikel kami selanjutnya yang mengulas tentang manfaat dan efek samping kunyit dan juga tentang manfaat buah biji daun alpukat untuk kesehatan kita. 

sumber tulisan manfaat alang-alang sebagai tanaman obat : wikipedia dan sumber lainnya
Posted by: Anita cantik Obat herbal Updated at : 15.30.00
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Ramuan Obat Herbal is proudly powered by blogger.com | Design by BLog BamZ